PEMDES Pekuncen Umumkan Kelonggaran Pemakaian Masker

Posted on

BONOKELING.com – Pemerintah Desa Pekuncen menegaskan aturan terbaru mengenai protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19 setelah Presiden Republik Indonesia mengumumkan pelonggaran penggunaan masker.

Menurut KADES Pekuncen, Karso, S.Pd, Presiden RI telah mengumumkan pelonggaran penggunaan masker di luar ruangan. Kendati demikian, penggunaan masker di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap disarankan.

“Untuk kegiatan di luar ruangan, ada kelonggaran, tapi, kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, sebaiknya tetap menggunakan masker.”

Ujar KADES Pekuncen saat ditemui redaksi Bonokeling.com di Balai Desa Pekuncen pada Senin (30/05/2022).

Kutip Aturan Terbaru Penggunaan Masker

Aturan penggunaan masker di masa endemi, sejalan Surat Edaran (SE) 18/2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

KADES menjelaskan, setidaknya ada 4 hal yang harus diperhatikan terkait dengan penggunaan masker di dalam ruangan, diantaranya :

Pertama, gunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu selama berada di dalam ruangan atau berada di kerumunan;

Kedua, ganti masker secara berkala setiap empat jam sekali, lalu buang limbah masker di tempat khusus yang sudah disediakan;

Ketiga, aktivitas mencuci tangan dan penggunaan hand sanitizer tetap dilakukan;

Keempat, tetap menjaga jarak minimal dengan orang lain dan menghindari kerumunan.

Tidak Berlaku Bagi Lansia dan Masyarakat dengan Komorbit

Sebelumnya, Presiden RI telah memperbolehkan masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan tidak menggunakan masker. Namun, ketentuan ini tidak berlaku bagi masyarakat bagi masyarakat lansia atau memiliki komorbid.

“Khusus untuk lansia dan masyarakat yang memiliki komorbid, baik kegiatan di dalam atau luar ruangan, hendaknya tetap memakai masker dan mematuhi protokol covid 19,” ujar Karso.

Kades menghimbau, masyarakat Pekuncen hendaknya tetap mematuhi aturan yang dibuat oleh pemerintah pusat demi kebaikan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *