Prosesi Sedekah Bumi, Desa Pekuncen Gelar Wayang Ruwat Bumi

Posted on

BONOKELING.com – Desa Pekuncen akan melaksanakan prosesi sedekah bumi. Acara ini dipusatkan di kediaman rumah Kepala Desa dan dihadiri warga yang menempati sepanjang jalan desa.

Menurut Kepala Desa Pekuncen, Karso, S.Pd, prosesi sedekah bumi merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan di bulan Apit. Tahun ini, bertepatan dengan hari Selasa Kliwon tanggal 28 Juni 2022.

“Tahun ini jatuh pada hari Selasa Kliwon tanggal 28 Juni 2022. Nantinya, akan ada ruwat bumi dengan wayang kulit  Ki Dalang Sikin dari Sinyawang, Sidareja, Cilacap,” Ujar KADES.

Ungkapan Rasa Syukur Atas Hasil Bumi

Sedekah bumi merupakan upacara adat yang melambangkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rezeki melalui bumi berupa segala hasil bumi. Oleh karena itu, KADES ajak semua warga Pekuncen untuk senantiasa bersyukur .

“Kita semua harus senantiasa bersyukur telah diberkahi hasil bumi. Mudah-mudahan acara  tahun ini berjalan lancar dan membawa kebaikan bagi kita semua.”

Merupakan Momen Istimewa

Tanpa terkecuali, KADES juga mengatakan bahwa sedekah bumi tahun ini merupakan momen istimewa karena pagebluk (red:pandemi), telah berangsur-angsur pulih.

“Ya, kami bersyukur karena tahun ini acara sedekah bumi dapat dilaksanakan dalam situasi yang kondusif. Pandemi Covid-19 sudah berangsur-angsur pulih. Ini adalah berkah luar biasa untuk kita semua,” tutup Karso, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *